Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Untuk Mengetahui Kesiapan Dan Kondisi Fisik Anggota, Polres Boyolali Lakukan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ)

 


Boyolali - Polres Boyolali Polda Jawa Tengah menggelar Test Kesamaptaan Jasmani Berkala Periode I Tahun Anggaran 2022 di lapangan Lestarindo Soccerfield Boyolali, Selasa, (22/2/2022).

Kegiatan rutin ini di selenggarakan oleh Bagian Sumber Daya Manusia, (Bag SDM) Polres Boyolali setiap 6 bulan sekali, untuk menilai sejauh mana kekuatan fisik serta kesehatan jasmani Personel Polri, guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Seluruh personel Polres Boyolali tanpa terkecuali diwajibkan ikut dalam tes kesamaptaan jasmani ini. Untuk menghindari kerumunan, pelaksanaan kegiatan dilakukan bergelombang selama 4 hari. Adapun pelaksanaanya dimulai dari tanggal 22 Februari sampai dengan 25 Februari 2022 dan Jumat ini adalah hari terakhir.

Kapolres Boyolali AKBP Asep Mauludin menjelaskan bahwa, Tes Kesamaptaan Jasmani merupakan Program Kapolri untuk menilai sejauh mana kekuatan fisik personel Polri dan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap semester.

“Jadi ada dua tahap yaitu tahap semester 1 dan semester 2 dalam setiap tahun, tes Kesamaptaan Jasmani  meliputi lari 12 menit dilanjutkan dengan push up, sit up, pull up (pria), chinning up (wanita) dan shuttle run,” jelasnya.

Dalam Pelaksanaan kegiatan uji kesamaptaan jasmani ini, Tim bagian SDM Polres Boyolali tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Tes Kesamaptaan Jasmani ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kondisi fisik dan kesehatan setiap personel Polri dan menjadi tolak ukur kekuatan setiap enam bulan sekali.

“Hasil TKJ antara lain dapat digunakan untuk persyaratan pengusulan kenaikan pangkat dan pendidikan pengembangan (Dikbang) bagi anggota Polri. Nilai TKJ sangat berpengaruh bagi karir personel Kepolisian di masa yang akan datang,” pungkasAsep.