Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembukaan Multaqo Sufi Internasional Ta. 2023; Mempererat Hubungan Lintas Budaya Dan Agama, Kapolres Boyolali Hadir Di Pekalongan


Pekalongan - Kepala Kepolisian Resort Boyolali Akbp Petrus Parningotan Silalahi, menghadiri undangan dalam acara pembukaan Multaqo Sufi Internasional Tahun 2023 di Kota Pekalongan. Acara ini merupakan upaya untuk mempererat hubungan lintas budaya dan agama serta mempromosikan pesan toleransi dalam sebuah panggung global.

Acara yang berlangsung pada hari Selasa, 29 Agustus 2023, bertempat di Hotel Sahid Pekalongan, dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional dan internasional. Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo, bersama Ibu Hj. Iriana Joko Widodo, Beserta rombongan dalam acara ini. Tema utama acara, "Karya Sufi Kontemporer dalam Dunia Pembaharuan yang Bertransformasi," mencerminkan semangat adaptasi dan harmoni dalam dunia yang senantiasa berubah.

Rombongan Presiden RI dalam kunjungan kerja ini turut di hadiri tokoh-tokoh penting seperti Maulana Al Habib Luthfi Bin Ali Bin Hasyim Bin Yahya, Masyayikh Syekh Usamah Azhari, Ketua Pusat Mu'tamar Sufi Internasional Bpk. Menhan RI Letjen TNI (Purn) H. Prabowo Subianto. Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono., S.E., M.M.,

Hadir Pula Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc. (Menteri Sekretaris Negara), Laksda TNI Hersan (Sekretaris Militer Presiden), Kapolda Jawa Tengah, PangdamIV Diponegoro, serta sejumlah pejabat sipil dan militer lainnya. Kegiatan ini juga dihadiri oleh para ulama, tokoh agama, dan perwakilan sufi internasional.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa terima kasih kepada para ulama dan tokoh agama yang terus memimpin dalam mempromosikan kerukunan dan kedamaian di Indonesia. Beliau menegaskan pentingnya toleransi dan penghormatan terhadap perbedaan, serta bagaimana sikap moderat dan interaksi saling memperkuat persatuan dalam keragaman.

Presiden juga menyoroti peran tasawuf dalam membangun nilai-nilai humanisme dan kesatuan, khususnya dalam menjaga keberagaman dan mempromosikan Islam moderat di Indonesia. Beliau menyatakan bahwa pelaksanaan Muktamar Sufi Internasional ini menjadi tonggak penting dalam menunjukkan Islam moderat yang ada di Indonesia kepada dunia.

Acara ini diakhiri dengan deklarasi pembukaan Muktamar Sufi Internasional oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo. Setelah selesai kunjungan kerja di Pekalongan, Presiden beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kota Semarang dalam kondisi yang aman dan kondusif.

Kehadiran BP. Kapolres Boyolali Bersama Jajaran Pejabat Polres Polda Jawa Tengah Lainnya, dalam acara ini menandakan komitmen kepolisian untuk mendukung upaya pemerintah dalam mempromosikan kerukunan dan toleransi di tengah masyarakat serta mendukung agenda-agenda internasional yang bertujuan untuk menjaga perdamaian dan harmoni.