Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karena keberaniannya, penjaga toko menggagalkan perampokan toko mas

Boyolali - Kapolres Boyolali Akbp Petrus Parningotan Silalahi, Membenarkan jajaranya tengah melakukan Penyelidikan dan pengejaran terhadap pelaku kejahatan terkait dugaan tindak pidana percobaan pencurian dengan kekerasan yang terjadi di Toko Emas SRITI, yang terletak di Dk. Tegalsari Rt. 01/01, Desa Kaligentong, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali. Kejadian ini terjadi pada hari Kamis (28/09/2023) sore.

Atas kejadian tersebut Menurut laporan yang diterima, salah satu penjaga toko an. Jasmin, (53 th.) mengalami luka-luka akibat tindakan pelaku. Kejadian tersebut juga disaksikan oleh rekan kerja yang juga Penjaga Toko Emas an. Eko Mulatsih (39 th.).

Kapolres Akbp Petrus Silalahi menyampaikan, Dari keterangan Saksi-saksi ditempat kejadian diperoleh Informasi:

Pada hari Kamis tanggal 28 September 2023, sekitar pukul 16.00 WIB, saat itu toko sudah dalam tahap persiapan penutupan, seorang laki-laki dengan ciri-ciri mengenakan topi, masker, dan jaket gelap datang ke toko. Pelaku tampaknya berpura-pura hendak membeli perhiasan.

Namun, karena toko sudah dalam tahap persiapan penutupan, pelaku diminta untuk kembali keesokan harinya. Setelah itu, Jasmin masuk ke dalam area etalase dan mengunci pintu dari dalam sambil menyimpan perhiasan di dalam lemari besi.

Sementara itu, pelaku tetap berada di dalam toko di luar area etalase. Korban yang merasa curiga terhadap pelaku, mencoba mengawasinya. Tiba-tiba, pelaku mengeluarkan sebilah pisau dari balik bajunya dan melakukan penusukan terhadap Jasmin di bagian dada sebanyak satu kali.

Meskipun terluka, Jasmin berusaha melawan dan berkelahi dengan pelaku hingga berhasil merebut pisau dan melemparkannya ke dalam area etalase. Mendapatkan perlawanan Pelaku akhirnya melarikan diri, Sebelum meninggalkan korban pelaku juga sempat memukul korban dengan sebuah kursi, yang mengakibatkan luka pada dahi Jasmin,"jelas Kapolres.

Akbp Petrus mengungkapkan, Setelah kejadian tersebut Saksi Eko Mulatsih segera meminta pertolongan kepada seorang pengemudi ambulans yang melintas di sekitar lokasi, an. Sdr. Gogon Budiyono, serta Sdr. Mukorobin.

Korban yang mengalami luka tusuk pada bagian dada dengan kedalaman sekitar 1 cm, lebar 1 mm, dan panjang sekitar 5 cm. Saat ini telah menjalani perawatan medis darurat, Korban mendapat perawatan empat jahitan pada luka tusuk dan lima jahitan pada luka akibat pukulan kursi di dahi. Saat ini, kondisi korban telah stabil dan dia sadar," ungkap Akbp petrus.

Baeliau juga menyampaikan, Belum ada informasi mengenai kerugian materiil yang dialami oleh toko emas SRITI dalam peristiwa ini. Kepolisian setempat terus melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengungkap motif dan identitas pelaku yang terlibat dalam dugaan percobaan pencurian dengan kekerasan ini. 

Kepolisian menghimbau Semua pihak yang memiliki informasi terkait kejadian ini, untuk segera menghubungi pihak berwajib, untuk mempercepat jalannya Penyelidikan yang mengarah ke Pelaku yang buron," pungkasnya.