Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Guna Menjaga Kedisplinan Sat Binmas Polres Boyolali Sambangi Satpam Pan Brothers, Mojosongo

Boyolali – Kanit Binkamsa Sat Binmas Polres Boyolali melaksanakan pembinaan terhadap satuan keamanan (Satpam) di PT. Pan Brothers Mojosongo Boyolali, pada hari Jumat (24/11/2023) pagi.

Satuan pengamanan atau yang disingkat dengan Satpam adalah merupakan salah satu unsur pembantu Polri di bidang penegakan hukum dan keamanan di lingkungan kerjanya. Didalam tugasnya, Satpam juga dituntut memiliki profesionalisme dalam melaksanakan tugasnya yaitu untuk memiliki kemampuan fisik yang prima, pribadi yang disiplin, tegas namun sopan, bijaksana, dan tanggap untuk kejadian yang terjadi di wilayah keamanannya.

Oleh sebab itulah Sat Binmas Polres Boyolali melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap petugas Satuan Pengamanan (Satpam), terkait pelaksanaan tugas Satpam sehari-hari sekaligus menggelar latihan pembekalan kemampuan yang sudah terjadwal rutin setiap bulannya.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kanit Binkamsa Satbinmas Polres Boyolali Aipda Setyawan Eka beserta anggotanya dengan menyambangi PT. Pan Brothers Mojosongo Boyolali. Dalam kegiatan ini Personel Sat Binmas melakukan pengecekan Penggunaan Seragam yang harus disesuaikan dengan waktu jam dinas baik siang maupun malam, Pengecekan Kelengkapan dan penggunaan Gampol terhadap Satpam, Pengecekan buku mutasi penjagaan saat berdinas.

Selain itu, Kanit Binkamsa Satbinmas juga mengingatkan kepada para satpam, agar dalam bertugas anggota piket jaga selalu waspada terhadap lingkungan sekitar serta para satpam diminta selalu disiplin dalam melaksanakan tugas.

“Selain memeriksa dan mengecek kelengkapan satpam saat melaksanakan tugas, kami dari Sat Binmas juga menyampaikan kepada petugas satpam agar selalu waspada terhadap lingkungan,” jelas Aipda Setyawan.

Sementara itu ditempat terpisah, Kapolres Boyolali melalui Kasat Binmas AKP Maryanto menerangkan, bahwa melalui kegiatan pembinaan terhadap anggota Satpam tersebut memiliki tujuan untuk menumbuhkan peran penting Satpam dalam membantu melaksanakan tugas pengamanan swakarsa, guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif baik dilingkungan tempat bekerja maupun dilingkungan masyarakat.

“Pembinaan Satpam  diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang tugas pokok, fungsi wewenang, dan tanggung jawab,” tutur Kasat Binmas.

Kasat Binmas mengharapkan dengan adanya pembinaan terhadap Satpam yang dilakukan oleh Sat Binmas Polres Boyolali dapat meningkatkan kinerja Satpam di perusahaan atau lingkungan kerjanya, Sehingga bisa tercipta suatu kondisi yang aman dan kondusif, yang pada akhirnya menunjang kerja kepolisian dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.