Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan Kemampuan Operator, Sat Lantas Polres Boyolali Berlatih ETLE Drone

Boyolali - Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng dipimpin Kasi Gar Subdit Gakkum Kompol Indra Hartono, S.E., S.I.K., bersama tim didampingi Kasat Lantas Polres Boyolali Akp Agista Ryan Mulyanto beserta anggota melaksanakan Sosialisasi operator ETLE melalui Drone, di Pertigaan Jl. Boulevard Soekarno komplek Kabupaten Boyolali, Senin (27/11) siang.

Kegiatan bertujuan agar operator mampu dan mahir mengoperasikan ETLE Drone sebagai alat penindakan pelanggaran lalu lintas.

"Penindakan ETLE melalui Drone merupakan terobosan kreatif dari Ditlantas Polda Jateng dalam rangka mendukung efektifitas penindakan melalui ETLE Statis maupun mobile, dengan ETLE Drone bisa menjangkau lebih luas terhadap pelanggaran yang padat arus lalu lintasnya dan tidak terjangkau oleh ETLE Statis, " ungkap Kompol Indra.

Dengan mekanisme ETLE drone yang sama dengan ETLE statis maupun mobile namun dapat menjangkau lebih luas diharapkan pelanggar yang tidak tercover ETLE Statis dapat dilakukan penindakan melalui ETLE Drone sehingga tujuan akhirnya adalah menekan pelanggaran lalu lintas dan menurunkan angka laka lantas yang didahului oleh pelanggaran lalu lintas.

“Dari hasil sosialisasi selama kurang lebih 5 (lima) menit terbang, ETLE Drone sudah bisa mengcapture tidak kurang dari 15 (lima belas) pelanggar lalu lintas, hal ini menunjukkan tingginya efektifitas menggunakan ETLE Drone," pungkas Kompol Indra.

Kasat Lantas Polres Boyolali Akp Agista turut menyampaikan bahwa dengan ETLE Drone bisa mendapatkan banyak pelanggar lalu lintas yang kasat mata karena jangkauan Drone lebih luas, seperti tidak memakai helm dan sabuk keselamatan.

Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, nantinya anggota yang menjadi operator Drone ETLE dapat mengoperasikan Drone dengan baik dan benar,” pungkas kasat lantas.