Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kepolisian Lakukan Patroli Pengecekan Penggilingan Padi: Upaya Menjaga Stabilitas Harga dan Ketertiban Masyarakat

Boyolali – Dalam rangka menjaga stabilitas harga dan ketertiban masyarakat pasca pemungutan suara Pemilu, Kepolisian Sektor Klego Polres Boyolali melakukan giat patroli pengecekan penggilingan padi untuk melakukan operasi pasar harga kebutuhan pokok di wilayah Klego Kabupaten Boyolali. Pada Senin (26/02/2024), sore.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Klego, Iptu Utomo, Bersama empat anggotanya, melaksanakan patroli di Fajar Baru penggilingan padi yang dimiliki oleh Bapak Jumaroh, bertempat di Kalangan RT.04/01, Desa Kalangan, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali. Berdasarkan hasil patroli, stok beras yang tersedia di penggilingan padi tersebut sebanyak 100 kg.

Kapolsek Utomo menjelaskan bahwa kegiatan patroli ini merupakan bagian dari upaya kepolisian dalam menjaga stabilitas harga dan ketertiban masyarakat, terutama terkait ketersediaan beras di wilayah Klego.

"Dalam rangka cooling system pasca pemungutan suara Pemilu, kami terus melakukan patroli dan pengecekan di berbagai tempat strategis, termasuk penggilingan padi, untuk memastikan tidak adanya penimbunan atau kenaikan harga yang tidak wajar," ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa saat ini di wilayah Klego masih dalam masa tanam dan belum memasuki masa panen untuk tanaman padi, sehingga stabilitas harga dan ketersediaan beras menjadi fokus utama dalam upaya menjaga harkamtibmas (ketertiban dan keamanan masyarakat).

Menurut data yang diperoleh, harga gabah di wilayah tersebut adalah Rp. 8300/kg, sementara harga beras adalah Rp. 12.000/kg. Meskipun tidak ditemukan adanya penimbunan beras atau padi di gudang atau penggilingan padi yang mereka cek, kepolisian tetap mengimbau kepada pedagang dan masyarakat untuk tetap menjaga stabilitas harga dan melaporkan jika ada indikasi pelanggaran atau kelangkaan beras di wilayah mereka.

Dengan adanya patroli dan pengawasan yang dilakukan secara rutin oleh kepolisian, diharapkan masyarakat dapat merasa aman dan terlindungi serta dapat menjaga kondisi ekonomi yang stabil dalam menjalani aktivitas sehari-hari.