Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemasangan Rambu Lalu Lintas Awal Ramadan di Boyolali: Antisipasi Arus Mudik Lebaran

 

BOYOLALI – Tim gabungan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Boyolali bersama Balai Pengelola Sarana dan Prasarana Perhubungan wilayah 3 (BPSPP) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Boyolali memasang sejumlah rambu lalu lintas  menjelang mudik Lebaran, Jumat (22/3/2024). Pasalnya, sudah banyak pemudik yang pulang kampung lebih awal dari Lebaran.

Kapolres Boyolali AKBP Petrus Parningotan Silalahi,  melalui Kasat Lantas AKP Agista Ryan Mulyato, mengungkapkan, pemasangan rambu lalu- lintas tersebut sengaja dilakukan di awal bulan suci Ramadan. Lantaran banyak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik lebih awal.

”Kami pasang sedini mungkin untuk mengantisipasi sejumlah pengendara atau pemudik yang  melintas di wilayah Boyolali. Dengan demikian bisa menekan  terjadinya lakalantas serta arus arus lalin menjadi lancar,” terang Agista

Agista menjelaskan, beberapa titik terdiri dari  Rambu Peringatan, Rambu  Petunjuk, dan Rambu Larangan yang dipasang di jalur utama jalan Nasional dari ruas 054 Bangak s/d  ruas 055 jalan Perintis Kemerdekaan sebanyak 34 titik. Sedangkan di jalur jalan Propinsi dari ruas Boyolali-Selo-Jrakah  sebanyak 18 titik yang terdiri dari 14 rambu standar peringatan dan 4 rambu daerah rawan kecelakaan (DRK).

Kasat Lantas mengaku, kegiatan pemasangan rambu tersebut selain persiapan menghadapi arus mudik Lebaran tentunya juga untuk menekan angka kecelakaan lalulintas yang selama ini kerap terjadi. 

Selain itu kasat lantas juga menyampaikan pemasangan rambu lalu lintas di beberapa titik ini adalah upaya untuk memperlancar arus bagi pengguna jalan yang melintas di wilayah Boyolali, dan dapat menurunkan angka fatalitas  kecelakaan.

“Satlantas Polres Boyolali tentunya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati, serta mematuhi rambu- rambu lalu lintas yang ada guna keselamatan bersama dijalan raya ,” pungkasnya