Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Patroli Gabungan Kamseltibcarlantas Antispasi dan Pencegahan Laka-Lantas di Jalur Tol Boyolali

 

Boyolali - Kepolisian Resor (Polres) Boyolali melelui Satgas Operasi Ketupat Candi 2024, intensifkan melaksanakan kegiatan Patroli Gabungan selama libur hari raya Idul Fitri, untuk meningkatkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) pada musim mudik di jalur jalan tol wilayah Kabupaten Boyolali.

Kegiatan ini dilakukan berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia serta Surat Perintah Kapolres Boyolali tertanggal 25 Maret 2024, dalam rangka menjaga kepentingan dinas dan kelancaran kegiatan patroli Kamseltibcarlantas guna menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Boyolali.

kegiatan ini dilaksanakan pada rincian waktu saat jam-jam rawan perjalanan pengendara mengalami kelelhan, Pukul 05.00 - 06.00 WIB: Tim Terpadu Melawan Jalan, Pukul 06.00 - 08.00 WIB: Satuan Lalu Lintas (Satlantas), Pukul 08.00 - 10.00 WIB: Penegakan Hukum dan Kebijakan Tata Lalu Lintas (Samapta), Lokasi patroli meliputi jalur jalan tol wilayah kabupaten Boyolali serta di Rest Area A dan Rest Area B di KM 487.

Saat di temui pada senin (15/04/2024) Kapolres Boyolali mengemukakan beberapa hal penting yang disampaikan oleh petugas kepolisian mulai dari awal mudik berupa Himbauan untuk selalu memperhatikan standar batas kecepatan dan berhati-hati dalam berkendara di jalur tol, Pengguna jalan yang merasa letih atau mengantuk diimbau untuk istirahat di rest area terdekat.

Petugas juga menekankan pengguna jalan tol terkait Larangan untuk parkir atau berhenti di bahu jalan atau di luar area rest area dan sepanjang jalur tol, pengemudi yang berhenti di bahu jalan diminta untuk melanjutkan perjalanan dan istirahat di rest area berikutnya.

Petugas juga mengimbau, jika terdapat hal-hal mencurigakan, masyarakat diminta melaporkan kepada aparat atau kantor polisi terdekat guna penindakan lanjutan.

Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotyan Silalahi, menegaskan bahwa kegiatan patroli ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keselamatan pengguna jalan serta menjaga kelancaran arus lalu lintas di jalur tol Boyolali.

AKBP Petrus menyampaikan harapannya "Kami berharap dengan adanya patroli ini, kesadaran dan kewaspadaan pengguna jalan akan semakin meningkat, sehingga tercipta lingkungan lalu lintas yang aman dan nyaman bagi semua," tutup Kapolres.