Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polisi Sigap Bantu Bersihkan Lokasi Talut Longsor di Selo Boyolali


Polres Boyolali News – Inilah bentuk pelayanan dan pengabdian Kepolisian kepada masyarakat, dengan sigap pihak kepolisian langsung membantu warga yang terkena tertimpa longsoran talut, Minggu (21/11/2021).

Terlihat Anggota TNI-Polri, BPBD Boyolali, Relawan dan masyarakat bergotong royong membersihkan sisa material talut yang longsor akibat hujan terus selama empat hari berturut-turut di Dukuh Gunungan Lor RT 006/RW 002, Desa Jeruk, Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa tengah.

Talut yang longsor tersebut panjang sekitar 15 meter dengan tinggi 6 meter ini menimpa rumah milik Moh. Edi Mahmudi, 43. Akibatnya, rumah semi permanen milik Edi yang berukuran 9 meter kali 10 meter ini rusak berat termasuk sebuah warung kelontong.

Selain rumah dan warung kelontong, kerugian lainnya berupa tiga kendaraan bermotor rusak ringan akibat tertimpa longsoran. Ketiga kendaraan ini meliputi satu unit sepeda motor Yamaha Jupiter, satu unit sepeda motor Yamaha Vega, dan satu mobil Suzuki Futura. Total kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Kapolres Boyolali AKBP Morry Ermond melalui Kapolsek Selo AKP Joko Widodo mengatakan, kondisi geografis di Wilayah Selo Boyolali berbukit-bukit. Pada musim hujan, wilayah ini rawan bencana alam tanah longsor. Hal ini mungkin menjadikan tanah menjadi jenuh akibat hujan yang turun terus menerus.

“Itu kan fondasi bangunan atau talut rumah yang longsor. Lalu talut tersebut longsor mengenai rumah Moh. Edi Mahmudi yang mengakibatkan roboh,” terang Joko saat memimpin kegiatan gotong royong membersihkan sisa material longsoran.

“Dalam insiden talut longsor ini tidak ada korban jiwa. Selain itu, tidak ada pula korban berupa ternak,” imbuh Joko

"Kami imbau seluruh masyarakat agar hati – hati, waspada dan tanggap sigap menghadapi musim hujan yang menyebabkan rawan tanah longsor, bila ada bencana segera menyelamatkan diri ke tempat yang aman dan segera menghubungi petugas untuk ditangani,” pesan Joko