Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesepakatan Bersama Forkopimda Soloraya, Seluruh Alun – Alun di Kota, Kabuapten dan Fasilitas Umum di Kecamatan Ditutup Pada Malam Tahun Baru 2022


Boyolali - Sesuai kesepakatan forkopimda Soloraya dan Instruksi Bupati Boyolali nomor 20 tahun 2021 tanggal 14 Desember 2021 tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, semua Alun – alun yang berada di Boyolali akan ditutup pada saat malam pergantian tahun Baru 2022.

Mendasari Instruksi Bupati Boyolali dan sesuai kesepakatan forkopimda Soloraya, Kapolres Boyolali AKBP Morry Ermond mengatakan, malam pergantian tahun baru akan menutup seluruh alun-alun, baik di Boyolali Kota maupun di fasilitas umum di tiap kecamatan. Rabu (29/12/2021).

”Yang jelas saat malam pergantian tahun, semua alun-alun di Solo Raya akan ditutup sesuai kesepakatan forkopimda Soloraya. Termasuk alun-alun kabupaten dan alun-alun kecamatan berdasarkan skala prioritas. Bila ramai, kita bubarkan,” tegasnya.

Morry menambahkan, penutupan alun-alun dan pusat keramaian pada 31 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 menjadi kesepakatan bersama kepala daerah se-Solo Raya.

Menurut dia, apabila ada satu daerah tidak melaksanakan kesepakatan itu justru akan dapat menularkan virus sehingga sulit untuk dikendalikan.

"Maka kesepakatan untuk menjalankan ini secara tegak lurus menjadi suatu hal yang penting dalam mengendalikan virus covid selama Natal dan Tahun Baru di Solo Raya," terang Morry.

Disamping itu, Polres Boyolali juga telah memetakan potensi ancaman saat nataru. Seperti terorisme, kejahatan konvesional, harga pangan jelang nataru, arus mudik dan balik, sweeping organisasi masyarakat, penyebaran covid-19 serta bencana alam. Sehingga polres mendirikan pos pengamanan permanen ditujuh titik.

Pospam permanen didirikan di rest area tol Pasar Ampel, Kecamatan Ampel; Monumen Susu Murni, Boyolali Kota; Exit Tol Kragilan, Mojosongo; Pertigaan Bangak, Rest Area tol A dan B di Teras, serta Bandara Adi Sumarmo, Ngemplak. Khusus di rest area tol, pihaknya akan menggelar swab antigen. Hal tersebut untuk mengantisipasi pendatang dari luar kota.

Informasi sebelumnya.

Seluruh kepala daerah se-Solo Raya mengikuti rapat koordinasi lintas sektoral menghadapi libur Natal dan Tahun Baru 2022 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (22/12/2021).

Kegiatan dipimpin Komandan Korem 074/Warastratama Solo Kolonel (Inf) Rudy Saladin dan Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak dihadiri seluruh Kapolres dan Dandim se-Solo Raya. Kabupaten dan kota se-Solo Raya itu antara lain Solo, Sukoharjo, Klaten, Boyolali, Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen.

Rudy mengatakan rapat koordinasi lintas sektoral sebagai bentuk sinergi sekaligus menyinkronkan aturan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyatakat (PPKM) kabupaten dan kota di Solo Raya dalam mengahadapi momen libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Menurut dia ada sejumlah keputusan yang disepakati bersama para kepala daerah kabupaten/kota se-Solo Raya, salah satunya penutupan alun-alun atau pusat keramaian pada 31 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

"Intinya kita mempedomani Inmendagri Nomor 67 Tahun 2021 terkait perayaan Natal dan Tahun Baru," kata Rudy.