Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Evaluasi Kelayakan Mutu Ruang Tahanan, Puslitbang Polri Lakukan Penelitian di Polres Boyolali

  


Polres Boyolali – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat khususnya yang berbasis HAM, Puslitbang Polri melakukan penelitian di Polres Boyolali, penelitian tentang evaluasi kelayakan mutu ruang tahanan polri, Tim Puslitbang Polri dipimpin oleh Kombes Pol Harvin Raslin, S.H. didampingi oleh AKBP Didik Dwi Santoso, S.I.K dari Kabag Strajemen Rorena Polda Jateng dan diterima oleh Kabagops Polres Boyolali Kompol Budiarto, S.H., M.H. mewakili Kapolres Boyolali AKBP Asep Mauludin, S.I.K, M.H. di Ruang TIK Polres Boyolali, Senin 28/03/2022.

Kombes Pol Harvis Raslin, S.H. menyampaikan bahwa penelitian dan evaluasi ini dalam rangka mewujudkan fungsi kepolisian sesuai amanah dari undang-undang nomor 2 tahun 2002 tentang polri, tidak lepas dari implementasi pelayanan prima polri kepada masyarakat yang salah satunya ditunjukkan dari gelaran sarana dan prasarana bangunan ruang tahanan polri.

“Untuk itu, puslitbang polri melakukan penelitian dengan judul “kelayakan mutu ruang tahanan polri di satuan kewilayahan dalam rangka meningkatan pelayanan publik berbasis HAM”. ucap Kombes Pol Harvin Raslin, S.H. mengawali sambutannya.

Adapun penelitian ini menyasar pada 3 (tiga) aspek yaitu: [1] aspek kelayakan mutu ruang tahanan; [2] aspek pemenuhan standar HAM; dan [3] aspek kualitas pelayanan publik.

Selain pengumpulan data dalam kegiatan penelitian nanti akan dilaksanakan uji petik dengan melaksanakan pengecekan secara langsung ruang tahanan yang ada di Polres Boyolali dan Polsek jajaran, untuk pengumpulan data menggunakan pendekatan mix-methode yaitu kuantitatif dan kualitatif, pengumpulan data kuantitatif dilaksanakan melalui penyebaran kuesioner secara on-line melalui hp android. Sedangkan pengumpulan data kualitatif dilaksanakan melalui focus group discussion, wawancara mendalam, dan observasi di lapangan dengan responden berasal dari anggota polri/pns dan masyarakat khususnya penghuni tahanan dan pengunjung tahanan, jelas Kombes Pol Harvin Raslin, S.H.

Kabagops Polres Boyolali Kompol Budiarto, S.H., M.H. mewakili Kapolres Boyolali AKBP Asep Mauludin, S.I.K, M.H. menyambut baik penelitian yang dilaksanakan Tim Puslitbang Polri, untuk ruang tahanan Polres Boyolali dalam kondisi yang sangat baik dan telah berbasis HAM hal ini dengan tersedianya sarana dan prasarana yang telah sesuai dengan standart yang ada,namun demikian sangat menerima masukan dari Tim apabila masih ada kekurangan dan siap untuk memenuhi agar sesuai dengan standart yang ditetapkan, urai Kompol Budiarto, S.H., M.H.

Dari hasil penelitian oleh Tim Puslitbang Polri bahwa kondisi ruang tahanan di Polres Boyolali, baik dari segi kelayakan mutu, pemenuhan standar HAM, dan aspek kualitas pelayanan publik bahwa Ruang Tahanan Polres Boyolali telah memenuhi standar yang ditentukan sesuai dengan amanah Undang-Undang No 2 Tahun 2002.