Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tni-Polri Bersama Para Pemuda Komunitas Mbo’jolali Bersihkan Situs Bersejarah

 

BOYOLALI – Kanit Binmas dan anggota Bhabinkamtibmas Polsek Cepogo Polres Boyolali bersama Babinsa Koramil 06/Cepogo mendampingi giat pembersihan situs bersejarah dan menegok peradapan kuno Bumi Boyolali, diantaranya berada di situs Sumur Songo di Desa Candi dan Situs patirtan sendang pitu di Desa Kunti Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali, Oleh Komunitas Kandang Kebo dan Boyolali Heritage Society, Senin 29 Mei 2023,

Kanit Binmas Aiptu Siswanto mengatakan “kegiatan ini dalam pelaksanaannya menyasar pada pembersihan sampah-sampah dan ranting-ranting serta rumput di seputaran lokasi tersebut, baik sampah organik maupun sampah non organik yang dilakukan secara bergotong-royong bersama warga dan Komunitas Kandang Kebo Yogyakarta bekerjasama dengan Komunitas Boyolali Heritage Society (Mbo’jolali).

Tujuannya dari kegiatan ini adalah untuk upaya pelestarian Cagar Budaya dan Edukasi kepada Masyarakat tentang Cagar Budaya sehingga bisa membangkitkan kepedulian situs sejarah di kalangan pemuda khususnya Kabupaten Boyolali.

Kapolres Boyolali Akbp Petrus Parningotan Silalahi melalui Kapolsek Cepogo Akp Agung Setiawan, menambahkan pihaknya senantiasa mendukung berbagai aktivitas Kemasyarakatan.

“Kita akan selalu ada di tengah-tengah aktivitas masyarakat, salah satunya seperti sekarang ini,” kata Kapolsek.

Sebagaimana dikabarkan, setelah 13 tahun ditetapkan sebagai cagar budaya, situs sendang pitu atau Patirtan Cabean Kunti, di Desa Cabean Kunti, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, diproyeksikan sebagai pusat konservasi sumber mata air di wilayah Cepogo.

Kepoliasian bersama Perangkat pemerintahan selalu mendukung seluruh daerah mencari sumber mata air yang pernah ada dan meniru langkah Cabean Kunti untuk mengonservasi atau menciptakan sumber mata air baru. Selain konservasi dan memanfaatkan sumber mata air yang ada, diharapkan situs yang diperkirakan sudah ada sejak abad VIII-X Masehi itu menjadi destinasi wisata,” Pungkas kapolsek.