Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan Kesejahteraan Anggota, Kapolda Jateng Targetkan Bedah Rumah Anggotanya Setiap Bulan


POLDA JATENG - KOTA SEMARANG | Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi mencetuskan program bedah rumah bagi anggota Polri dan PNS Polri setiap bulannya di jajaran Polda Jateng. Pimpinan tertinggi kepolisian Jawa Tengah itu menilai sejauh ini banyak anggota yang menempati hunian kurang layak, hidup di asrama atau bahkan mengontrak.

Hal itu disampaikan saat Kapolda meresmikan empat rumah anggota Polda Jateng yang selesai "dibedah" atau direnovasi, bertempat di Lamper Tengah Kota Semarang, Selasa (27/6/2023) 

Keempat anggota yang rumahnya direnovasi antara lain Aipda Ariswanto dari Brimob Polda Jateng serta tiga PNS Polda Jateng atas nama Djokko Parjanto bertugas di Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda), Sudarman PNS di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) dan Sukmawati PNS yang bertugas di Bidang Kedokteran Kesehatan (Bid Dokkes).

Kapolda melanjutkan, program bedah rumah ini dilaksanakan menyeluruh di jajaran Polda Jateng termasuk Polres Jajaran. Pada peringatan HUT Bhayangkara ke 77 tahun 2023 ini, ada 27 rumah anggota yang dibedah.

Dirinya menegaskan, program ini akan terus berlanjut. Kapolda bahkan menargetkan tiap bulan akan mengadakan program bedah rumah di seluruh jajarannya.

"Silahkan nanti disurvey dulu, setiap bulan rumah anggota (Polda Jateng) harus ada yang di "bedah". Kita utamakan anggota setelah itu kita bantu bedah rumah masyarakat," kata Kapolda

Menurutnya, sejauh ini ada sekitar 30 persen dari 37 ribu anggota Polda Jateng yang belum memiliki rumah.

Salah satu faktor penyebabnya, lanjut Kapolda, karena penugasan anggota Polri yang sering berpindah-pindah. Untuk itu pihaknya melakukan sejumlah akselerasi untuk menyediakan perumahan bagi anggota, termasuk bekerjasama dengan pihak perbankan

Terkait bedah rumah, Kapolda mengatakan salah tujuan utama program ini adalah untuk memotivasi anggotanya, baik Polri maupun PNS di Polda Jateng agar lebih baik kinerjanya. Program kemanusiaan seperti ini kata Kapolda juga harus dilaksanakan di Polres-Polres jajaran Polda Jateng.

“Nilainya kemanusiaan. Semoga dengan adanya bedah rumah ini jadi ladang pahala,” ungkap Irjen Luthfi.

Salah satu anggota yang tempat tinggalnya dilakukan bedah rumah, Aipda Ariswanto, bersyukur rumahnya direnovasi. 

“Kami berterimakasih kepada Kapolda Jateng, Wakapolda Jateng, pejabat utama Polda Jateng semoga ini jadi ladang pahala,” timpalnya.