Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinergi Lintas Sektoral: Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Faham Radikalisme di SMK N 1 Musuk, Boyolali dalam Rangka TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023

Boyolali - Polsek Musuk Polres Boyolali menyelenggarakan kegiatan penyuluhan tentang bahaya narkoba dan faham radikalisme di ruang Aula SMK N 1 Musuk, Kabupaten Boyolali. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan non fisik dalam rangka TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023 di Desa Sukorejo, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali. Dengan tema "Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI Rakyat Semakin Kuat," penyuluhan ini diikuti oleh 200 orang siswa kelas X SMK N 1 Musuk yang di selenggarakan Pada hari Selasa (26/7/2023) Siang.

Kegiatan penyuluhan dihadiri oleh narasumber yang ahli di bidangnya dari Polres Boyolali, termasuk Kanit IV Sat Intelkam Polres Boyolali, Ipda Moh. Arifin, SH, Kasubseptor tamsar Ipda Agus Pranoto, Kanit Bimas Aiptu Miftahudin, SH, dan Bhabinkamtibmas Aipda Suroso, S.Pd. Mereka menyampaikan materi yang sangat penting mengenai bahaya narkoba dan faham radikalisme kepada para peserta.

Salah satu poin yang dijelaskan dalam penyuluhan adalah tentang pengertian radikalisme dan terorisme. Peserta diberikan pemahaman tentang adanya organisasi baik yang bersifat positif maupun negatif. Khususnya, peserta diingatkan untuk lebih berhati-hati terhadap organisasi-organisasi yang bertujuan merubah dasar negara dan ideologi Pancasila.

Dalam konteks wilayah Boyolali, peserta juga diberitahu bahwa terdapat 14 orang mantan narapidana terorisme yang masih dipantau oleh Kepolisian dan TNI untuk mengawasi pergerakan mereka.

Lebih lanjut, para siswa juga diberikan pemahaman tentang cara untuk menangkal bahaya radikalisme, yaitu dengan lebih bijak dalam menerima informasi dan ilmu terutama yang berkaitan dengan agama. Hal ini bertujuan agar para siswa dapat menyaring informasi dengan baik dan tidak mudah terpengaruh oleh paham radikal.

Selain itu, materi tentang pengertian narkotika dan narkoba juga turut disampaikan dalam acara ini. Para peserta diberikan pengetahuan mengenai jenis, macam, dan ciri-ciri narkoba serta dampak bahaya yang ditimbulkannya bagi tubuh manusia. Melalui pemahaman ini, diharapkan para siswa semakin sadar dan mampu menjauhi narkoba demi kesehatan dan masa depan yang lebih baik.

Penting untuk dicatat bahwa acara ini juga memberikan informasi mengenai ancaman hukuman bagi pelaku dan pengguna narkoba. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsekuensi hukum yang akan dihadapi apabila terlibat dalam peredaran atau penggunaan narkoba.

Kegiatan penyuluhan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana para siswa dapat berdiskusi lebih lanjut tentang materi yang telah disampaikan. Semoga dengan adanya kegiatan ini, para siswa dapat lebih bijaksana dalam menghadapi tantangan bahaya narkoba dan faham radikalisme yang bisa mengancam masa depan mereka dan bangsa.

Kegiatan penyuluhan bahaya narkoba dan faham radikalisme yang diselenggarakan oleh Polsek Musuk di SMK N 1 Musuk, Kabupaten Boyolali, sebagai bagian dari kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023, diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para siswa tentang bahaya tersebut. Sinergi antara TNI dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan kemanunggalan semakin kuat diharapkan dapat menghasilkan generasi muda yang tangguh dan cerdas dalam menghadapi berbagai ancaman zaman modern.