Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Monitoring BIMTEK Bagi KPPS: Polisi Ingatkan Netralitas, Interigritas Pemilu 2024 di Boyolali

Boyolali - Polres Boyolali melakukan pengamanan dan pemantauan terhadap acara Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pemungutan dan Penghitungan Suara yang diselenggarakan oleh PPK Kecamatan Se-Kabupaten Boyolali. Acara ini bertujuan mempersiapkan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam menghadapi Pemilu Tahun 2024 Pada Sabtu (27/01/2024), siang.

Kasihumas Polres Boyolali, AKP Arif Mudi Prihanto, mengklarifikasi kegiatan Bimtek KPPS secara serempak diadakan di wilayah Kabupaten Boyolali, bahwa kehadiran polisi dalam acara tersebut bertujuan memberikan himbauan dan penyuluhan kepada peserta BIMTEK terkait tata cara menjaga keamanan selama proses pemungutan suara. Selain itu, peserta juga diingatkan akan pentingnya menjaga netralitas dan integritas dalam menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilu.

Salah satu Kecamatan yang melaksanakan Kegiatan tersebut yaitu Kecamatan Gladagsari, BIMTEK dihadiri oleh Ketua PPK Kecamatan Gladagsari, Irawan Adi Nugroho, anggota Panwascam Kecamatan Gladagsari, PKD (Panitia Kecamatan), dan perwakilan anggota PPS (Panitia Pemilihan Desa). Seluruh unsur KPPS dari ketiga desa masing-masing desa ikut serta dengan menurunkan perwakilannya, yaitu 42 orang dari Desa Ngargoloko, 133 orang dari Desa Kembang, dan 91 orang dari Desa Ngagrong.

Acara BIMTEK dimulai dengan registrasi peserta dan pembukaan resmi pada pukul 08.30 WIB. Setelah itu, seluruh peserta menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Jingle Pemilu, diikuti dengan pembacaan doa untuk memohon kelancaran acara.

Dalam sambutan pembukaan, Ketua PPK Kecamatan Gladagsari, Irawan Adi Nugroho, menegaskan pentingnya BIMTEK untuk memastikan seluruh petugas KPPS memahami tugas dan tanggung jawabnya dalam proses pemungutan dan penghitungan suara. Giat inti BIMTEK mencakup paparan dan simulasi pemungutan dan penghitungan suara oleh Irawan Adi Nugroho, serta simulasi penggunaan SIREKAP Mobile oleh Sigit Wahyudi, Divisi Teknis.

Kapolsubsektor Gladagsari IPTU Hartanto menyampaikan, personel kepolisian melibatkan Bhabinkamtibmas Desa Gladagsari, Bripka Arif Nandika, Bripka Khoirul, dan Pamtup oleh Panit IK Aiptu Sigit Widyanto sebagai perwakilan keamanan. Kehadiran mereka memberikan dorongan positif kepada panitia penyelenggara pemilu dan KPPS, meningkatkan fokus dalam menyerap materi BIMTEK, serta menunjukkan komitmen aparat keamanan dalam mendukung kelancaran penyelenggaraan pemilu yang demokratis dan aman.

Diharapkan dengan berakhirnya kegiatan BIMTEK ini, seluruh petugas KPPS dapat melaksanakan tugasnya dengan baik pada saat pemungutan suara Pemilu 2024, sehingga proses demokrasi dapat berjalan dengan lancar dan transparan.