Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGAMANAN IBADAH PERAYAAN NATAL 2023 DI WILAYAH HUKUM POLRES BOYOLALI BERJALAN AMAN DAN KONDUSIF

 

Boyolali - Kegiatan pengamanan Ibadah Perayaan Natal Tahun 2023 dalam rangkaian Operasi Lilin Candi 2023 di berbagai wilayah Kabupaten Boyolali, yang dilaksanakan pada Senin (25/12/2023), berjalan sukses.

Polres Boyolali menurunkan Perkuatan Maksimal dibantu Instansi terkait untuk menjaga keamanan selama perayaan Natal. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari agenda tahunan, dan membutuhkan perhatian khusus mengingat bersamaan dengan pelaksanaan Pemilu Damai.

Sebelumnya saat Gelar Patroli Skala Besar malam natal (24/12) Kapolres Boyolali, AKBP Petrus Parningotan Silalahi, memberikan arahan kepada anggotanya untuk meningkatkan kewaspadaan, menjalankan tugas sesuai prosedur yang telah ditentukan serta selalu Humanis dengan Masyarakat, dan menjaga fisik serta stamina. Hal ini menjadi penting mengingat perayaan Nataru bersamaan dengan Pemilu, yang membutuhkan pengamanan maksimal.

Sementara itu Kasihumas Polres Boyolali, IPTU Arif Mudi Prihanto, mengonfirmasikan bahwa kegiatan selama kegiatan pengamanan perayaan Natal wilayah boyolali yang berlangsung mulai, malam Natal pada 24 Desember hingga malam 25 Desember, fokus pengamanan terutama di tempat ibadah seperti gereja, dan patroli berskala besar telah dilakukan di beberapa titik yang sudah ditentukan dan semua dapat berjalan Aman.

Dalam "Pengamanan dilakukan dengan sterilisasi melibatkan tim K-9 Personil Sat Samapta Polres Boyolali untuk memastikan tidak adanya potensi ancaman bom selama perayaan Natal. Sebanyak 445 personel diterjunkan dari Polres Boyolali, dibantu oleh instansi terkait," ungkap IPTU Arif Mudi.

Dalam keterangan lanjutan, Kasihumas menyampaikan bahwa pengamanan tidak hanya terbatas pada perayaan Natal, namun juga dilanjut untuk mengamankan tempat-tempat wisata selama masa liburan. Beberapa lokasi populer seperti Wisata Air Tlatar, Wisata Pengging, Wisata Waduk Cengklik, Kali Pepe Land, Wisata Air Waduk Kedung Ombo Kemusu, Wisata Alam Selo, Cepogo Cheese Park (CCP), dan Bale Rantjah Park Sawit menjadi fokus pengamanan.

Untuk menghadapi perayaan tahun baru, Polres Boyolali mendirikan pos pengamanan dan pelayanan terpadu di lokasi yang menjadi tempat keramaian atau perayaan masyarakat. Keselamatan pengunjung, pengguna jalan, dan masyarakat menjadi prioritas utama dalam upaya menciptakan suasana yang aman dan kondusif.

"Harapannya, semua kegiatan pengamanan ini dapat berjalan lancar, guna memastikan keselamatan selama perayaan Libur Nataru di wilayah hukum Polres Boyolali, dan menciptakan suasana kondusif bagi masyarakat," pungkasnya.