Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polsek Simo Hadiri Pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar di Simo

Boyolali - Polsek Simo turut serta dalam pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Boyolali di Kwartir Ranting Simo. Kegiatan ini dihadiri oleh Kanit Provos dan Kanit Binmas Polsek Simo, bertempat di SD Negeri 1 Simo, Kecamatan Simo, Boyolali pada Selasa (26/12/2023) pagi.

Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) merupakan bagian dari upaya Gerakan Pramuka untuk meningkatkan pemahaman dasar pendidikan Kepramukaan serta memberikan panduan tentang cara membina dan mengelola satuan Pramuka di gugus depan.

Menurut Supana, Kwarcab Kab. Boyolali kegiatan KMD juga bertujuan sebagai sarana untuk membina generasi muda, membimbing mereka menuju dunia yang lebih baik, dan mendidik agar menjadi individu yang berkeadaban serta berkemajuan. Visi Gerakan Pramuka yang ditekankan adalah "Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa," yang sejalan dengan misi untuk menjadi terdepan dalam pendidikan non formal bagi generasi muda agar memiliki karakter dan kecakapan hidup.

Lebih lanjut Supana, mengakui bahwa Gerakan Pramuka saat ini masih membutuhkan lebih banyak pembina yang memiliki kompetensi dan sertifikasi. Seorang Pembina Pramuka idealnya dapat membimbing 10 peserta didik untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka. Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar yang diikuti oleh 35 guru SD, SMP, dan SMA se-Kecamatan Simo diapresiasi sebagai langkah positif dalam mengatasi kekurangan pembina yang terjadi,” ungkapnya.

Sementara Aipda Aris, menyatakan harapannya bahwa kegiatan ini akan menghasilkan pembina muda yang kompeten, sehingga rasio perbandingan peserta didik dengan pembina dapat tercapai dengan baik.

Sebagai informasi, bahwa kegiatan KMD akan berlangsung di lingkungan SDN 1 Simo mulai tanggal 26 hingga 31 Desember 2023, dengan jadwal pukul 07.30 hingga 21.00 WIB. Semoga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembina Pramuka di wilayah Simo, Boyolali.