Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Petugas Siaga Pantau Arus Lalu Lintas di Gerbang Tol Fungsional Solo-Jogja

Boyolali - Petugas Kepolisian dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Boyolali telah ditempatkan dalam pos pantau di Gerbang Tol fungsional Solo-Jogja, pada Selasa (26/12/2023) siang.

Gerbang Tol fungsional secara resmi dibuka pada Jumat (22/12/2023) lalu dan beroperasi dari pukul 06.00 hingga 17.00 WIB, untuk kelancaran arus lalu lintas menghadapai libur Nataru dan mengurangi kepadatan dijalur arteri.

Guna menjaga kelancaran arus lalu lintas dan mengurangi kemacetan, personil lalu lintas bersiaga dengan aktif mengatur alur perjalanan pengguna jalan. Namun, meski telah beroperasi beberapa hari, masih terlihat beberapa pengguna jalan yang bingung, menyebabkan adanya hambatan dalam arus lalu lintas.

Menanggapi hal ini, Kapolres Boyolali AKBP Petrus Parningotan melalui Kasi Humas Polres Boyolali, Iptu Arif Mudi, menghimbau kepada masyarakat pengguna jalan agar tidak sungkan bertanya kepada petugas yang berada di pos pantau. Ia menjelaskan bahwa masih terdapat kebingungan di kalangan pengguna jalan, sehingga penting untuk mendapatkan bantuan arah dari petugas yang berkompeten.

Arif Mudi juga menekankan bahwa meskipun tol fungsional ini telah diresmikan, masih ada sejumlah perbedaan tinggi di beberapa titik, sehingga kecepatan kendaraan sebaiknya disesuaikan dengan rambu-rambu yang telah dipasang. Keselamatan pengguna jalan diutamakan, dan ia mengingatkan agar seluruh pengguna jalan tetap berhati-hati selama menggunakan tol fungsional ini.

Dengan adanya petugas siaga dan himbauan kepada masyarakat, diharapkan kelancaran dan keselamatan dalam berlalu lintas di Gerbang Tol fungsional Solo-Jogja dapat semakin terjaga.

Beberapa fasilitas yang disiapkan antara lain posko layanan informasi, BBM mobile jalan tol, ambulans dan tenaga medis, Patroli Jalan Raya (PJR), Mobil Customer Service, derek gratis, dan toilet portable ada sekitar enam toilet portable yang disediakan.